Rapat Koordinasi SDM Taruna Siaga Bencana Kabupaten Purwakarta

  • Administrator
  • Senin, 29 April 2024
Rapat Koordinasi SDM Taruna Siaga Bencana Kabupaten Purwakarta
Bidang Linjamsos

Rabu, 2 Agustus 2023 Bidang Perlindungan Jaminan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Purwakarta mengadakan rapat koordinasi SDM Taruna Siaga Bencana Kabupaten Purwakarta di Aula Dinas Sosial P3A.

Kegiatan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Tagana serta sambutan dari Penyuluh Sosial Ahli Muda mewakili Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin sekaligus membuka acara Rapat Koordinasi SDM TAGANA Kabupaten Purwakarta.

Kegiatan selanjutnya yaitu penyuluhan mengenai Siyansos (Sistem Informasi Pelayanan Sosial) dalam pelayanan Bidang Linjamsos PFM khususnya pelaporan kebencanaan dan pelayanan lainnya di bidang tersebut yang disampaikan oleh Penyuluh Sosial Ahli Pertama kepada Peserta Rakor.

Rapat koordinasi dilanjutkan dengan penyampaian beberapa informasi terkait kegiatan TAGANA yaitu persiapan lomba Jawara Race, undangan rapat koordinasi TAGANA Se-Jawa Barat dari Dinas Sosial Provinsi, dan Persiapan Bimtek Layanan Dukungan Psikososial TAGANA Kab. Purwakarta yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat.

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan evaluasi kinerja SDM TAGANA dengan menggunakan Methodology Partisipatory Asessment (MPA). Masing-masing anggota diminta untuk menuliskan satu keluhan/masukan mengenai kinerja TAGANA. Berdasarkan hasil MPA, masalah utama yang dihadapi oleh anggota TAGANA adalah kekompakan, kurangnya SDM TAGANA, kontribusi anggota TAGANA dalam penyaluran bantuan sosial bagi korban bencana, apel, dan forum koordinasi TAGANA. Masalah-masalah yang muncul kemudian di diskusikan di dalam rapat koordinasi tersebut sehingga menghasilkan solusi/jalan keluar yang kemudian di tandatangani oleh SDM TAGANA dalam janji hati. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama.

#TAGANA
#LinjamsosPFM
#DinsosP3A