Silaturahmi dan Pendataan Anggota Taruna Siaga Bencana ( TAGANA )

  • Administrator
  • Sabtu, 18 Mei 2024
Silaturahmi dan Pendataan Anggota Taruna Siaga Bencana ( TAGANA )
Berita

( Jumat, 08 Juli 2022 )

Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam/Sosial ( PSKBA ) Bidang Perlindungan Jaminan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin pada Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Purwakarta melakukan silaturahmi dan pendataan terhadap relawan Taruna Siaga Bencana ( TAGANA ) di Aula Dinas Sosial P3A Kab. Purwakarta.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk mempererat silaturahmi dan koordinasi antara Dinas Sosial P3A dengan TAGANA. Selain itu, tujuan lainnya adalah untuk pendataan ulang anggota TAGANA dimana data tersebut akan digunakan dan dimasukan kedalam aplikasi database anggota TAGANA yang dibuat oleh Kemensos RI ( Aplikasi SIMTAG ).

Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin mengharapkan sinergitas yang solid antara TAGANA dengan Dinas Sosial P3A oleh karena itu terdapat beberapa rencana kerja yang akan dibuat untuk memaksimalkan peran serta dalam membantu masyarakat khususnya pada saat bencana dan pasca bencana. Adapun beberapa rencana kerja yang akan dibuat adalah pelatihan TAGANA guna menambah keahlian dan kemampuan anggota dibidang kebencanaan, rencana rekrutmen anggota TAGANA baru ( minimal ada perwakilan 1 anggota TAGANA di masing-masing Kecamatan ), pemetaan daerah rawan bencana sebagai bentuk mitigasi bencana, dan pembuatan jadwal apel senin pagi di TMP untuk anggota TAGANA sebagai bentuk eksistensi TAGANA sebagai salah satu relawan yang dimiliki oleh Dinas Sosial P3A Kab. Purwakarta.

_______________________

Seksi PSKBA

Bidang Linjamsos PFM

Dinas Sosial P3A Kab. Purwakarta