Sekda Purwakarta Buka Pengobatan Jiwa dan Vaksinasi ODGJ

  • Administrator
  • Jumat, 17 September 2021
Sekda Purwakarta Buka Pengobatan Jiwa dan Vaksinasi ODGJ
Lainnya

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Pemberdayaan Sosial Tedi Kustiadi mendampingi Sekda PurwakartaH Iyus Permana dan Jajaran Pemda Purwakarta, menggelar kegiatan Pemeriksaan dan Pengobatan Jiwa serta Vaksinasi Covid 19 terhadap ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) bersama RSJ Marzoeki Mahdi (RSJMM) Bogor, pada Selasa 22 Juni 2021.

Dilaksanakan di GOR Purnawarman yang berlokasi di Jl. Purnawarman Kelurahan Nagri Kidul, Kecamatan Purwakarta Kabupaten Purwakarta, yang dihadiri oleh Sekda, Dinkes, Dinsos, Polres, Kodim, Satpol PP, Puskesmas, Aparat Desa, TKSK, PSM, Keluarga dan ODGJ, dan lainnya.

Dalam sambutannya, Drs.H. Iyus Permana, MM., sebagai Sekda Purwakarta, dalam pembukaan kegiatan melaporkan bahwa, terdapat 4611 kasus ODGJ lama dan 3336 kasus ODGJ baru serta 15 kasus ODGJ pasung, ditemukan di Purwakarta, yang tersebar di 17 Kecamatan dengan 192 Desa dan 20 Puskesmas se-Purwakarta, serta seraya mengucapkan terimakasih kepada RSJMM.

"Terimakasih kepada Direksi dan Tim Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat RSJMM, semoga kedepan bisa ditindaklanjuti dengan Evakuasi, Perawatan dan Pengobatan di RSJMM".
Kepala Instalasi PKRS RSJMM, yaitu I Ketut Sudiatmika, S.Kep. M.Kep. Sp.Kep.J, menyampaikan permohonan maaf atas situasi dan kondisi Penanganan Covid 19 di RSJMM, sehingga proses Evakuasi dan Perawatan ODGJ di RSJMM menjadi tertunda.

"Atas nama Direksi RSJMM, kami menyampaikan permohonan maaf dan akan melakukan tindak lanjut terhadap ODGJ Purwakarta yang telah dilakukan pemeriksaan dan pengobatan hari ini, bila kondisi dan situasi di RSJMM sudah memungkinkan".

Iyep Yudiana, SKM. MKM, sebagai Promotor Kesehatan Jiwa Masyarakat bersama dr.Agnes S.B Samosir, Sp.KJ, beserta 12 Tim Pelayanan Kesehatan Jiwa RSJMM lainnya, berhasil melakukan pemeriksaan dan pengobatan jiwa terhadap 15 ODGJ yang bisa dihadirkan dan melakukan Vaksinasi terhadap 13 ODGJ yang memenuhi syarat bersama Tim Vaksinator dari Puskesmas dan Dinkes Purwakarta. Dalam diskusi rencana tindak lanjut, antara Tim RSJMM bersama Dinkes dan Puskesmas Purwakarta, mengharapkan agar ODGJ yang telah dilakukan pemeriksaan dan pengobatan hari ini beserta ODGJ lainya dapat dilakukan evakuasi dan perawatan di RSJMM.

Kegiatan Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat, Pemeriksaan dan Pengobatan serta Vaksinasi ODGJ merupakan kerjasama antara Pemda Purwakarta bersama RSJMM Menuju Purwakarta Bebas Pasung dan Sehat Jiwa, Pulih, Produktif dan Mandiri

souce : Portal Lebak

Komentar :
Related Posts :