Peresmian Lumbung Sosial Wilayah Kabupaten Purwakarta

  • Administrator
  • Jumat, 26 April 2024
Peresmian Lumbung Sosial Wilayah Kabupaten Purwakarta
Bidang Linjamsos

Kamis, 30 November 2023 Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Purwakarta bersama Kecamatan Darangdan melakukan kegiatan Peresmian Lumbung Sosial Wilayah Kabupaten Purwakarta.

Kegiatan ini bertujuan untuk meresmikan dan memberikan informasi kepada stakeholder kebencanaan terkait keberadaan Lumbung Sosial Kabupaten Purwakarta yang tersebar di empat wilayah yaitu Kecamatan Darangdan, Kecamatan Sukatani, Kecamatan Sukasari, dan Kecamatan Kiarapedes.

Prosesi kegiatan diawali dengan pemberian rompi TAGANA dan penyerahan logistik bencana secara simbolis dari Kemensos RI ke Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta yang dalam hal ini diwakili oleh Ketua Pokja Kesiapsiagaan dan Mitigasi Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kemensos RI kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Purwakarta.

Acara puncak yaitu peresmian Lumbung Sosial yang ditandai dengan dipukulnya “kentongan” oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Purwakarta bersama Perwakilan dari Kemensos RI, Kepala Dinas Sosial P3A Kab. Purwakarta, Kepala Perangkat Daerah Pengampu Kebencanaan, Kepala Bidang Linjamsos Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, dan Camat Penanggung Jawab Lumbung Sosial (Camat Darangdan, Camat Sukatani, Camat Sukasari, dan Camat Kiarapedes).

Harapannya, dengan adanya kegiatan ini mampu membantu para pemangku / stakeholder kebencanaan dalam penanggulangan bencana khususnya dalam pelaksanaan pelayanan dasar pada Standar Pelayanan Minimal (SPM) Bidang Sosial.

Turut hadir pada kegiatan ini Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Purwakarta, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Purwakarta, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Purwakarta, Camat Se-Kabupaten Purwakarta, Danramil Kec. Darangdan, Kapolsek Kec. Darangdan, Kepala KUA Kec. Darangdan, Ketua TP. PKK Kec. Darangdan, Kepala Desa Se-Kecamatan Darangdan, Ketua Lumbung Sosial, Koordinator PKH Kab. Purwakarta, TAGANA, Destana, Relawan Pemadam Kebakaran, serta stakeholder kebencanaan lainnya.