Dinas Sosial dan PPPA Kabupaten Purwakarta selenggarakan Sosialisasi dan Pembentukan Forum Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (PUSPA)

  • Administrator
  • Kamis, 25 April 2024
Dinas Sosial dan PPPA Kabupaten Purwakarta selenggarakan Sosialisasi dan Pembentukan Forum Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (PUSPA)
Bidang PP

Selasa, 29 November 2022

Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Purwakarta menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Forum Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (PUSPA), Sub Kegiatan Pengembangan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) pada hari Selasa 29 November 2022 di Hotel Harper Purwakarta.

Kegiatan yang dihadiri oleh berbagai elemen stakeholder Pemberdayaan Perempuan dan 
Perlindungan Anak di Kabupaten Purwakarta seperti TP. PKK Kabupaten Purwakarta, Dharma Wanita, Al Hidayah, GOW, Salimah, Pitaloka, PMKGR, Tiara Kusumah. IKIAD, IIDI, IBI, IPEMI, Harpi Melati, KPPI, Polibisnis, STIKES Holistik, STAI Muhajirin, PECAP, LP3A, 
KPAID, Wikara, Puspaga, P2TP2A, EKATA, BKMT, WKRI, BKMM, KPAI dan lainnya ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan 
Anak Kabupaten Purwakarta yang diwakili Sekretaris Dinas Neneng Maryamah, SP., MSi. 

Dalam sambutannya Kepala Dinas menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Purwakarta dalam mendorong terbentuknya Forum PUSPA di Kabupaten Purwakarta, dimana Kabupaten Purwakarta saat ini sudah menyiapkan Bale Titirah sebagai tempat pengaduan dan konseling bagi permasalahan isu Perlindungan Perempuan dan Anak di Kabupaten Purwakarta.

Kabupaten Purwakarta juga sangat konsern dalam mengupayakan pembentukan Kabupaten Layak Anak, hal ini ditandai dengan diterimanya Penghargaan Kabupaten Layak Anak Kategori Madya dari Kementerian PPPA pada bulan Juli 2022 setelah tahun sebelumnya juga meraih penghargaan yang sama untuk Kategori Pratama. "Forum PUSPA nantinya dibentuk dengan tujuan sebagai wadah Lembaga Masyarakat yang peduli perempuan dan anak, mitra Dinas Sosial dan PPPA dalam mendukung Program PPPA, sebagai bridging antara Pemerintah dan masyarakat juga sebagai sarana untuk bersinergi", pungkasnya. 

Adapun materi sosialisasi yang disampaikan oleh Narasumber dari Kementerian PPPA juga 
Ketua Forum PUSPA Jawa Barat adalah menyampaikan tugas dari Forum PUSPA kedepan adalah menyiapkan dan menyusun program kerja terkait dengan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, membantu mensosialisasikan Program Three Ends (Tiga Akhiri) yaitu Akhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, Akhiri perdagangan orang dan Akhiri kesenjangan ekonomi perempuan. 

Tugas lainnya adalah koordinasi pelaksanaan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dengan Pemda, Lembaga Masyarakat, Lembaga Profesi, Dunia Usaha dan Media.
Di akhir acara kemudian para peserta melakukan rembugan membentuk Forum PUSPA Kabupaten Purwakarta dengan terpilihnya Ibu Sri Puji Utami sebagai Ketua, perwakilan dari Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI). Dengan terpilihnya Ibu Puji yang juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten 
Purwakarta ini diharapkan dapat mendorong kebijakan Pemerintah Kabupaten Purwakarta serta mengajak seluruh stakeholder dapat berperan serta dalam meningkatkan perhatian terhadap penanganan isu-isu mengenai Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Kabupaten Purwakarta.