Bicara Kesetaraan Gender, Kapolri Beri Kesempatan Polwan Berpangkat Irjen

  • Administrator
  • Selasa, 17 Mei 2022
Bicara Kesetaraan Gender, Kapolri Beri Kesempatan Polwan Berpangkat Irjen
Lainnya

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyorot soal fenomena kesetaraan gender di lingkungan Polri.
Menurut dia, isu kesetaraan gender hingga saat ini kerap menjadi permasalahan di berbagai belahan dunia.
Ia pun mengatakan, akan memberikan ruang dan kesempatan bagi jajarannya, baik polisi laki-laki dan polisi wanita (polwan), untuk bisa memangku jabatan inspektur jenderal (Irjen).
“Kita juga akan beri ruang untuk jabatan setingkat inspektur jenderal polisi dan ini tentunya menjadi program kami untuk terus memberikan kesempatan dan ruang bagi kesetaraan gender,” ujar Sigit dalam acara rilis akhir tahun 2021, di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (31/12/2021).
Mantan Kapolda Banten ini menekankan, Polri secara perlahan terus melakukan adaptasi untuk menciptakan kesetaraan gender di internal Polri.
Salah satu upaya yang dilakukan Polri dengan memberikan kesempatan kepada semua anggota untuk menangani penugasan berkategori risiko tinggi atau high risk.
Tentunya, lanjut Sigit, anggota tersebut juga diberikan pembekalan dan persiapan khusus untuk menjalankan tugas itu.
“Khususnya juga beberapa penugasan yang high risk yang tentunya ini juga memerlukan kesiapan dan kemampuan khusus dari anggota kita dan ini akan kita tingkatkan ke depan,” ucap Sigit.
Diberitakan sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian sempat mendorong soal persamaan gender di institusi Kepolisian.
Sebab, menurut Tito, peran polisi wanita sangat luas dan dapat melampaui apa saja yang sudah dikerjakan di samping peran dalam menjaga ketertiban dan keamanan.
Menurut dia, Polisi wanita juga memiliki peranan yang sama pentingnya untuk memberikan perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat.
"Dengan tugasnya yang luas itu, diharapkan persamaan gender kian dirasakan di institusi kepolisian di manapun," kata Tito dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (9/11/2021).
"Kemampuan untuk bisa membuktikan bahwa polisi wanita itu adalah penting, ini menjadi bukti juga agar polisi wanita bisa menjadi pendorong agar peran wanita untuk persamaan gender itu menjadi meningkat juga, terutama di negara-negara yang equality, gender equality-nya belum begitu kelihatan," lanjut dia.

https://nasional.kompas.com/read/2022/01/01/07300011/bicara-kesetaraan-gender-kapolri-beri-kesempatan-polwan-berpangkat-irjen

Komentar :